Langsung ke konten utama

Tips Mencuci Baselayer

Tips Mencuci Baselayer atau Jersey

Seperti jaket gunung, mencuci baselayer juga memerlukan perhatian khusus agar awet dan performanya tetap terjaga. Cara mencuci yang salah dapat menyebabkan turunnya daya serap baselayer tersebut, warna kain menjadi luntur, hingga kemampuan quick drying-nya yang tidak secepat saat masih baru. Hal diatas pernah saya alami. Tentu kita tidak ingin hal tersebut karena akan mengganggu kenyamanan saat mendaki gunung. 

Untuk tips memilih baselayer bisa anda baca disini.


Tips mencuci baselayer:
  1. Lihat instruksi pada care label yang tertera di dalam baselayer. Klik disini untuk informasi komplet mengenai simbol yang tertera disana.   
  2. Siapkan bak pencucian. 
  3. Cuci dengan detergen berkonsentrat rendah agar tidak merusak serat kain. Produk detergen khusus untuk baselayer contohnya Nikwax BaseWash dan Grangers Base CleanerSayangnya produk-produk tersebut susah didapat di Indonesia. Untuk mensiasatinya, saya biasa menggunakan sampo bayi. Setelah itu, bilas lagi dengan air yang baru untuk memastikan baselayer sudah bersih sempurna. Mencuci baselayer bisa juga dengan menggunakan mesin cuci.
  4. Jemur hingga kering. Jangan menggunakan pengering di mesin cuci. 
  5. Jangan menyetrika baselayer karena akan merusak serat kainnya.
  6. Simpan di tempat kering dan tidak lembap.

Itulah tips mencuci baselayer. Perlu diingat karena bahan kain baselayer berbeda dengan kaos pada umumnya. Cara mencucinya pun tidaklah sama. Tips diatas bisa juga diterapkan untuk mencuci jersey kesayangan anda. Dengan memerhatikan cara mencuci diatas, baselayer akan awet dan performanya tetap terjaga.