Langsung ke konten utama

10 Film Terbaik Karya Sutradara Steven Spielberg

Film Terbaik Karya Sutradara Steven Spielberg

Jika di sepakbola ada sosok Sir Alex Ferguson, pelatih Manchester United yang melegenda, begitu juga di dunia perfilman. Steven Spielberg telah lama malang melintang semenjak debutnya sebagai sutradara di layar lebar dengan film berjudul The Sugarland Express (1974). Ia merupakan salah satu sutradara terbaik di dunia. Hingga kini sudah lebih dari 30 film yang telah ia sutradarai.

Perjalanan karirnya selama 5 dekade membuatnya jadi figur yang paling berpengaruh di dunia Hollywood. Pria kelahiran Ohio, Amerika Serikat, tahun 1946 ini telah meraih 3 Academy Awards (Piala Oscar) sepanjang karirnya. Yakni sebagai sutradara terbaik di film Saving Private Ryan (1998), serta Best Picture dan sekaligus sutradara terbaik di film Schindler's List (1993).

Kalau saja dia lahir di Inggris kayaknya udah dikasih gelar Sir ama kerajaan Inggris. Inilah 10 film terbaik karya mbah Spielberg yang jadi favorit saya.



 1. Saving Private Ryan (1998) 
Film Terbaik Karya Sutradara Steven Spielberg
Genre: War, Action, History
Pemeran utama: Tom Hanks, Matt Damon, Tom Sizemore, Vin Diesel
Durasi film: 2 jam 49 menit
Rating IMDb: 8,6
Film perang dunia terbaik. Saya taruh nomor satu karena saya suka film perang. Pendaratan pasukan sekutu di Normandy merupakan awal mula jatuhnya Nazi Jerman di Eropa. Spielberg berhasil ngebikin film ini dengan amat sangat realistis. Konon saat film ini rilis, pihak studio mengundang beberapa veteran perang untuk menonton pemutaran perdananya. Banyak diantara mereka yang memuji film ini karena begitu detail dan sangat realistis.



 2. Schindler's List (1993) 
Film Terbaik Karya Sutradara Steven Spielberg
Genre: Biography, Drama, History
Pemeran utama: Liam Neeson, Ralph Fiennes, Ben Kingsley
Durasi film: 3 jam 15 menit
Rating IMDb: 8,9
 Salah satu film terbaik sepanjang masa versi IMDb. Sudah tahu sendirilah gimana kualitasnya. Yang sudah pernah nonton pasti paham kenapa mbah Spielberg ngebikin film ini hitam-putih. Diangkat dari kisah nyata Oscar Schindler. Pengusaha Jerman yang berhasil menyelamatkan ribuan orang Yahudi dari holocaust. Ada dua scene yang paling memorable di film ini. Yaitu pas Ralph Fiennes jadi sniper dadakan di balkon kamarnya dan adegan endingnya saat Oscar Schindler meratapi nasib sambil berkata: I could have gotten one more person, and I didn't. Siapin tisu yang banyak. Yang gak kuat mental mending gak usah nonton daripada entar susah tidur.



 3. Catch Me If You Can (2002) 
Film Terbaik Karya Sutradara Steven Spielberg
Genre: Biography, Crime, Drama
Pemeran utama: Leonardo DiCaprio, Tom Hanks, Christopher Walken
Durasi film: 2 jam 21 menit
Rating IMDb: 8,1
Diangkat dari kisah nyata tentang seorang penipu ulang bernama Frank Abagnale. Dibintangi oleh dua aktor papan tas, Leonardo Di Caprio dan Tom Hanks. Film yang sangat seru dan susah ditebak mulai dari awal sampai akhir. Pas selesai nonton pasti kita ingin meniru si Frank ini. Tapi ingat, penipuan dan pemalsuan adalah pelanggaran hukum yang sangat serius.



 4. Artificial Intelligent (2001) 
Film Terbaik Karya Sutradara Steven Spielberg
Genre: Drama, Sci-Fi
Pemeran utama: Haley Joel Osment, Jude Law, Frances O'Connor
Durasi film: 2 jam 26 menit
Rating IMDb: 7,1
Film tentang masa depan dimana robot dan kecerdasan buatan merajai seluruh aspek kehidupan manusia. Film ini bisa saja jadi kenyataan. Entah berapa ratus tahun lagi. Menceritakan tentang seorang robot yang berwujud anak laki-laki yang telah lama mendamba kasih sayang dari manusia. Namun ada aja rintangannya. Benarkah robot bisa punya emosi dan perasaan layaknya manusia?



 5. E.T. (1982) 
Film Terbaik Karya Sutradara Steven Spielberg
Genre: Family, Sci-Fi
Pemeran utama: Henry Thomas, Drew Barrymore, Peter Coyote
Durasi film: 1 jam 55 menit
Rating IMDb: 7,9
Dibintangi oleh Drew Berrymore sewaktu masih kecil kecil dan imut-imut (sampai sekarang juga masih imut kok). Film family terbaik yang pernah saya tonton. Spielberg berhasil memberi harapan dan imajinasi khususnya bagi anak-anak yang psikisnya terganggu akibat ditinggal ortunya cerai. Gak kebayang gimana boomingnya film ini pas awal rilis dulu. Banyak orang tua yang ngajak anaknya nonton film ini di bioskop. Mulai dari CGI hingga cover filmnya yang tak lekang ditelan zaman, membuktikan bahwa mbah Spielberg memang legend.



 6. Jurassic Park (1993) 
Film Terbaik Karya Sutradara Steven Spielberg
Genre: Adventure, Sci-Fi, Thriller
Pemeran utama: Sam Neill, Laura Dern, Jeff Goldblum
Durasi film: 2 jam 7 menit
Rating IMDb: 8,1
Masih inget dalam ingatan saya, dulu pas kecil sempat diajak nonton Jurassic Park di bioskop. Sejak kemunculan film ini, dinosaurus langsung menjadi booming. Lihat saja logonya yang melegenda. Di era 90-an dulu logo Jurassic Park nongol dimana-mana. Di kaos, majalah, papan reklame, iklan, hingga jadi suvenir di McDonald's. Film ini memakai efek dan CGI yang tergolong amat realistis di zamannya. Sepulang dari bioskop sayapun bertanya-tanya ke ortu saya: apa bener taman dinosaurus itu ada? kalau iya, mau donk kesana.

Sekuel: The Lost World (1997)
Jurassic Park III (2001)
Jurassic World (2015)



 7. Jaws (1975) 
Film Terbaik Karya Sutradara Steven Spielberg
Genre: Adventure, Drama, Thriller
Pemeran utama: Roy Scheider, Robert Shaw, Richard Dreyfuss
Durasi film: 2 jam 4 menit
Rating IMDb: 8,0

Tak butuh waktu lama bagi Spielberg buat ngeluarin film legendaris. Salah satu film thriller terbaik di era 70-an. Film kedua garapan Spielberg yang muncul di layar lebar. Dimana lagi ada hiu yang bisa numbangin helikopter. Film yang tak lekang di makan usia. Soundtrack-nya pun juga melegenda. Spielberg memang sering menggandeng komposer papan atas buat scoring filmnya. Tak terkecuali di film ini. Ada tiga sekuel namun belum bisa ngalahin Jaws yang pertama. Boro-boro mau ngalahin, yang ada malah makin lama jadi makin jelek.
Sekuel: Jaws 2 (1978)
Jaws 3-D (1983)
Jaws: The Revenge (1987)



 8. Raiders Of Th Lost Ark (1981) 
Film Terbaik Karya Sutradara Steven Spielberg
Genre: Action, Adventure
Pemeran utama: Harrison Ford, Karen Allen, Paul Freeman
Durasi film: 1 jam 55 menit
Rating IMDb: 8,5
Film pencarian harta karun terbaik sepanjang masa. Film yang turut melambungkan nama Harrison Ford di jajaran aktor papan atas. Film ini sukses ngebujuk saya untuk bercita-cita jadi arkeolog supaya bisa nemuin harta karun. Maklum, jaman sekarang kalau gak pake jalan pintas bakal susah kaya. Kalau nemu harta karun kan enak. Ada tiga sekuel di film ini. Berbeda dengan Jaws, sekuelnya digarap dengan serius dan tetap seru untuk diikuti.
Sekuel: Temple Of Doom (1984)
The Last Crusade (1989)
The Kingdom Of The Crystall Skull (2008)



 9. War Horse (2011) 
Film Terbaik Karya Sutradara Steven Spielberg
Genre: War, Action, Drama
Pemeran utama: Jeremy Irvine, Emily Watson, David Thewlis, Benedict Cumberbatch
Durasi film: 2 jam 26 menit
Rating IMDb: 7,6
Film tentang Perang Dunia Pertama yang mengisahkan perjuangan seorang bocah yang begitu sayang ama kudanya. Banyak yang bilang kalau anjing ialah hewan yang paling setia ama majikannya. Tapi ternyata kuda juga enggak kalah. Film ini seakan membuktikan bahwa kasih hewan kepada majikan tak terhingga sepanjang masa. Hanya memberi, tak harap kembali. Bagai sang surya menyinari dunia.



 10. The Terminal (2004) 
Film Terbaik Karya Sutradara Steven Spielberg
Genre: Comedy, Drama, Romance
Pemeran utama: Tom Hanks, Catherine Zeta-Jones, Chi McBride
Durasi film: 2 jam 8 menit
Rating IMDb: 7,3

Film drama komedi tentang seorang turis yang berlibur ke Amerika dan plonga-plongo lantaran gak bisa berbahasa Inggris. Negera asalnya sedang terjadi kudeta sehingga visa-nya di tolak oleh pihak bandara. Untungnya dia gigih dan pantang menyerah. Mampukah ia pulang ke negeri asalnya? langsung aja tonton sampai akhir biar tahu jawabannya.
Pesan moralnya: jangan nekat liburan ke luar negeri jika enggak tahu bahasa setempat. Film yang membuktikan bahwa mbah Spielberg juga bisa ngebikin film komedi yang berkualitas.